20 Mar 2015

Sejarah singkat terbentuknya Indonesia

future404-azbunz.blogspot.com- Sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) membutuhkan waktu yang amat panjang. Adapun perkembangan sejarah di Indonesia dapat di bagi menjadi beberapa periode atau zaman, yaitu sebagai berikut.

1. Zaman Batu
Zaman batu adalah masa zaman prasejarah yang luas, ketika manusia menciptakan alat dari batu (karena tidak memiliki teknologi yang baik). Kayu,tulang, dan bahan lainnya tetapi batu di bentuk untuk dimanfaatkan sebagai alat pemotong dan senjata.
Disebut zaman batu karena peralatan yang digunakan pada zaman ini terbuat dari batu, makanan di peroleh dari kegiatan berburu, dan meramu serta kehidupan masyarakatnya berpindah-pindah (nomaden).





2. Zaman Logam
Zaman LOGAM
Zaman logam adalah zaman dimana manusia sudah mengenal teknologi pertukangan secara sederhana. Pada zaman ini manusia mulai mengenal logam, mereka menggunakan perak atau perunggu untuk membuat peralatan, selain itu juga manusia mulai mengenal ladang berpindah, dan mulai menetao di suatu tempat tertentu.





3. Zaman Hindu-Buddha
Zaman Hindu-Buddha
Indonesia mulai berkembang pada zaman kerajaan Hindu-Buddha berkat hubungan dagang dengan negara-negara tetangga maupun lebih jauh. Agama Hindu masuk ke indonesia di perkirakan pada awal tarikh masehi, dibawa oleh para musafir India antara lain: Maha Resi Agastya yang di jawa di kenal dengan sebutan Batara Guru atau Dwipayana dan juga para musafir dari Tiongkok yakni musafir buddha pahyien. Pada zaman ini manusia mulai mengenal tulisan. Agama Hindu dan Agama Buddha mulai berkembang di Indonesia, dan masyarakat mengenal sistem pemerintahan dan kerajaan. Karena itu banyak Peninggalan sejarah Hindu dan Buddha.


4. Zaman Islam 


Zaman Islam

Islam di bawa ke Indonesia oleh para pedagang dari Arab dan Gujarat India. Para pedagang inilah yang menyebarkan agama Islam ke indonesia sampai akhirnya muncul kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara. Oleh karena Itu banyak terdapat Peninggalan Sejarah Bercorak Islam Islam di Indonesiaa merupakan mayoritas umat muslim terbesar di dunia. Walau islam sebaga mayoritas namun Indonesia bukanlah Negara Islam atau berasaskan Islam.





5. Zaman Kolonial
Zaman Kolonial
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Bangsa Eropa banyak yang datang ke Indonesia untuk berdagang, kemudian melihat kekayaan Indonesia, akhirnya mereka berubah pikiran dan berkeinginan untuk menguasai Indonesia. Pada zaman ini indonesia pernah dijajah oleh beberapa negara Eropa seperti Belanda. Pada tahun 1595 cornelis de houtman yang sudah merasa mantap, mengumpulkan modal untuk membiayai ke timur jauh. Pada bulan April 1595, Cornelis de houtman dan De keyzer dengan 4 buah kapal memimpin pelayaran menuju Nusantara. Pada bulan Juli 1596 pelayaran yang di pimpin De houtman berhasil berlabuh di Banten.

Demikianlah sejarah singkat terbentuknya Indonesia dan sekarang kita memasuki zaman modern yaitu zaman yang perkembangan teknologi yang tinggi, sehingga admin bisa memposting artikel ini untuk di bagikan ke kalian semua.

Baca Juga ;

2 komentar:

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih