20 Mar 2015

Alat Pernapasan Pada Manusia

future404-azbunz.blogspot. Semua makhluk hidup bernapas. Bernapas adalah proses menghirup udara dan mengeluarkan udara. Di dalam udara terkandung berbagai gas, salah satunya adalah oksigen. Gas yanng di butuhkan oleh tubuh adalah oksigen. Oleh karena itu, hanya oksigen yang diambil dari udara untuk pernapasan. Pernapasan mengeluarkan gas karbon dioksida. Gas karbon dioksida dikeluarkan dari tubuh melalui paru-paru.

Hampir semua jenis makhluk hidup mempunyai alat khusus untuk pernapasan.
Alat khusus untuk pernapasan pada manusia adalah paru-paru. Nah, mari kita pelajari alat-alat pernapasan Manusia
1. ALAT PERNAPASAN MANUSIA
Alat khusus untuk pernapasan pada tubuh manusia adalah paru-paru. Paru-paru terletak dalam rongga dada di atas diafragma. Diafragma adalah sekat antara rongga dada dan rongga perut. Paru-paru dilindungi oleh tulang dada dan tulang rusuk. Di dalam paru-paru terjadi penyerapan gas oksigen dan pengeluaran gas karbon dioksida.Paru-paru ada dua, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terdiri atas tiga
gelambir, yaitu gelambir atas, gelambir tengah , dan gelambir bawah. Paru-paru dibungkus oleh selaput tipis yang di sebut pleura.
Bagian tubuh lain yang berperan dalam pernapasan adalah hidung dan tenggorokan. Kedua bagian ini merupakan jalan bagi keluar masuknya udara pernapasan. Di dalam hidung terdapat rambut halus dara agar bnk mnyaring udan selaput lendir. Rambut halus dan selaput lendir berfungsi untuk menyaring udara agar bebas dari kotoran. Di dalam hidung, udara juga mengalami penyesuaian suhu dan kelembapan.
Alat pernapasan Manusia

Tenggorokkan bercabang dua,satu menuju paru-paru kanan dan yang lain menuju paru-paru kiri. Cabang tenggorokan itu di sebut bronkus. Di dalam paru-paru, bronkus bercabang cabang lagi. Cabamg bronkus di sebut bronkiolus. Pada ujung bronkiolus, terdapat gelembung-gelembung halus yang berisi udara. Gelembung-gelembung itu di sebut alveolus. Di dalam alveolus terjadi pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida.
Udara dapat masuk dan keluar paru-paru karenap pekerjaan otot antara tulang rusuk dan diafragma. 

Pernapasan dengan menggunakan bantuan otot antar tulang rusuk di sebut pernapasan dada. Pernapasan dengan menggunakan diafragma(selaput rongga dada0 disebut pernapasan perut.

Bagaimana proses pernapasan berlangsung?
Pada saat kita menarik napas, udara masuk melalui hidung dan tenggorokan. Selanjutnya, udara masuk ke paru-paru. oksigen akan di serap oleh alveolus, sedangkan karbon dioksida dilepaskan. Karbon dioksida diembuskan keluar melalui tenggorokan dan hidung

Jadi kesimpulan atas postingan di atas adalah "Manusia bernapas dengan paru-paru"
Semoga bermanfaat postingan saya lebih dan kurang mohon maaf

Baca Juga:

0 komentar

Post a Comment

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih