21 Mar 2015

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam

Pada 651 Masehi, Khalifah Usman bin Affan mengirimkan delegasi ke Cina untuk menyebarkan Islam. Kemudian singgah di Kepulauan Nusantara. Pada 674 Masehi, Dinasti Umayyah mendirikan pangkalan dagang di Pantai Barat Sumatra. Sejak itulah para pedagang Muslim berdatangan ke Nusantara untuk berdagang dan menyebarkan Islam. Mereka diterima masyarakat setempat karena cara berdagangnya sangat santun dan jujur.

Aceh merupakan daerah yang pertama mendapat pengaruh Islam. Kerajaan Islam kali pertama berdiri di Aceh, yaitu Kerajaan Samudera Pasai. Berita adanya kerajaan Islam di Nusantara diperoleh dari Marcopolo seorang saudagar dari Venesia-Italia. Marcopolo yang berkunjung ke Samudera Pasai pada 1292 menyebutkan bahwa telah banyak orang yang menyebarkan Islam.

Begitu juga menurut berita dari Ibnu Batutah seorang pengembara dari Persia singgah di Aceh pada 1345 M.Batutah menuliskan bahwa di Aceh telah tersebar Mahzab Syafi'i. Penduduk pribumi mulai memeluk Islam secara Massal pada abad ke -14 M, seiring dengan mulai berdirinya kerajaan-kerajaan Islam Adapun peninggalan bercorak Islam yaitu sebagai berikut.

1. Masjid
Masjid merupakan bangunan penting karena sebagai tempat ibadah umat Islam. Masjid juga merupakan pusat pendidikan dan pembinaan agama. Di masalalu pada umumnya masjid selalu terletak berdekatan dengan keraton dan alun-alun.
Keraton merupakan simbol kekuasaan, sedangkan alun-alun merupakan simbol rakyat, dan masjid adalah simbol keagamaan. Masjid-Masjid peninggalan Islam antara lain Sebagai berikut.
a. Masjid Demak, dibangun oleh Raden Patah pada sekitar abad ke -14. Masjid ini terletak di Kota   Demak Jawa Tengah.

b. Masjid Raya Baiturrahman, terletak di Banda Aceh ibu kota Nanggroe Aceh Darussalam. Masjid ini dibangun pada masa Kerajaan Islam Aceh. Masjid Raya Baiturrahman pasca tsunami 26 Desember tahun 2006, tetap kokoh berdiri tidak hancur di terjang tsunami.

c. Masjid Raya Medan, terletak di Kota Medan Sumatra Utara. Masjid ini dibangun oleh Sultan Deli   yang bernama Makmun Ali Rasyid Perkasa Alam  pada tahun 1906.

d. Masjid Raya Banten, dibangun pada tahun 1906 oleh Sultan Maulana Yusuf.

e. Masjid Sultan Suriansyah, merupakan masjid pertama di Pulau Kalimantan, dibangun pada masa kekuasaan Pangeran Suriansyah pada abad ke 16.

2. Istana
Istana Merupakan tempat tinggal raja dan kelurganya yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan. Istana peninggalan Islam yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut.
a. Istana Maimun
Istana Maimun merupakan peninggalan Kerajaan Deli, yang terletak di Kota Medan. Istana ini dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alam Syah.

b. Istana Siak Sri Indrapura
Istana ini merupakan peninggalan Kerajaan Melayu Riau, dibangun pada tahun 1889 oleh Tengku Ngah Sayed Hasyim. Istana ini terletak di hulu sungai Siak, 120 Km dari Kota Pekanbaru.

3. Karya Sastra dan Seni

Karya sastra dan Seni Islam dapat dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu antara lain sebagai berikut.
a. Hikayat
Hikayat adalah cerita atau dongeng pelipur lara atau pembangkit semangat juang. Beberapa hikayat peninggalan Islam antara lain sebagai berikut.
1) Hikayat Hang Tuah adalah cerita kepahlawanan laksamana Kesultanan Malaka. Hang Tuah adalah Laksamana yang berani, pandai, bijaksana, dan abdi raja yang taat dan setia.
2) Hikayat Amir Hamzah, menceritakan tentang permusuhan Amir Hamzah dengan mertuanya masih kafir, yaitu Raja Marsewan dari Madayin.

b. Babad
Babad adalah Cerita berlatar belakang sejarah. Beberapa babad peninggalan Islam, di antaranya sebagai berikut.
1) Babad Tanah Jawi, menceritakan tentang sejarah Pulau Jawa dari Nabi Ada sampai tahun 1722
2) Babad Giyanti, menceritakan tentang pecahnya Kesultanan Mataram menjadi Surakarta, Yogyakarta, dan Mangkunegara pada 1757.

c. Syair
Syir merupakan puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat baris yang berakhir dengan bunyi yang sama. Contohnya, sebagai berikut.
1) Syair Abdul Muluk, menceritakan perjuangan Siti Rafiah istri Raja Abdul Muluk yang berhasi merebut takhta kerajaan dari Kerajaan Barabai di Hindustan.
2) Gurindam 12, merupakan petuah kepada pejabat negara, pegawai, maupun orang biasa agar menjadi orang yang terhormat, disegani, dan disenagi sesama manusia.

d. Suluk
Suluk adalah jalan kearah kesempurnaan batin atau terekat. Contohnya sebagai berikut.
1) Suluk Sukarsa, menceritakan Ki Sukarsa yang mencari Ilmu sejati untuk mendapatkan kesempurnaan.
2) Suluk Wujil, berisi kepada Wujil orang kerdil bekas abdi Raja Majapahit.

4. Peninggalan Berupa Budaya

Setiap daerah pasti meninggalkan budaya untuk diwariskan ke generasi berikutnya. Peninggalan budaya bercorak Islam yang ada di Indonesia, antar lain sebagai berikut.
a. Upacara Grebeg Besar di Demak.
b. Pesta Tabuik di Pariaman, Sumatra Barat
c. Budaya Dhug Dher di Semarang
d. Seni tradisional Betawi, seperti Gambang Kromong, Lenong, dan Orkes Gambus.

Demikianlah Peninggalan Sejarah Bercorak Islam semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Baca Juga.


4 komentar:

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih