7 Mar 2015

Asal-Usul Meme Indonesia

Yaoming
Meme adalah neologi yang di kenal sebagai karakter budaya. Yang memuat didalamnya yaitu gagasan,pendapat,perasaan,ide dan perilaku. Meme adalah ekspresi si pembuat ( Meme ) dalam menyampaikan gagasan,pendapat,ide,perasaan dan perilaku dan menimbulkan kesenangan bagi orang yang membacanya mungkin bisa membuat pembacanya tertawa terbahak-bahak.

Neologi dari bahasa Latin "Neo"=baru dan dari bahasa yunani "logos"=kata adalah sebuah fenomena dimana sebuah kata baru sengaja di buat. Teori meme menjelaskan bahwa meme berkembang dengan cara seleksi alam (mirip dengan prinsip evolusi biologi yang dijelaskan oleh penganut Darwinian). Melalui proses variasi,mutasi,kompetisi dan warisan budaya. Maka dengan demikian meme, menyebar berupa ide dan bila tidak berhasil dia akan mati ( tidak lucu ), dan yang lain akan bertahan, menyebar,dan (untuk tujuan yang lebih baik bahkan lebih buruk) akan bermutasi.

Berikut ini adalah contoh Meme-meme Trend yang ada di INDONESIA.
1. MAD DOG ( yayan ruhian -The Raid )
   

MADDOG
Karakter yang satu ini siapa sih yang tidak tau anak meme sejati pasti tau dengan salah satu karakter meme ini biasanya memakai kata kata   "Kurang Greget" dan "Ini baru Greget". Aktor yang jago silat ini mengatakan kata kata "kurang Greget" pada saat melawan sersan Jaka membuat ia jadi terkenal di dunia per Meme-an. dengan selogatnya itu ia berhasil menarik perhatian jutaan orang (bahkan lebih terkenal dari pada karakter pada film The Raid itu tersebut), sekarang apapun yang menjadi hal yang hampir tidak mungkin adalah hal yang greget menurutnya, mungkin ia adalah saingan dari Chuck Norris  .Bagi yang penasaran sama adegan Yayan Ruhian.



2. Amin Richman
Amin Kaya
Amin Richman adalah Orang kaya baru ( OKB ). Dulunya di fakir miskin melarat, tapi setelah dia menolong seorang kakek-kakek menyebrang jalan setelah sampai di seberang jalan kakek itu sekarat lalu meninggal, sebelum dia meninggal dia memberi warisan kepada amin yang gk habis duitnya tujuh turunan. Karakter ini adalah karakter yang sombong, sok. Contoh kata kata nya : " Duit? maksud loe keset gw" dan "Mobil ferrari? maksud loe mobil remote gw". Begitulah kira-kira perkataan oleh seorang Amin Richman karakter ini terkenal karna kesombongannya dan sok karakter ini asli orang indo banget muka nya.









3. Pak Jaya

Pak jaya
Mungkin bagi kalian yang udah baca season satu sudah tidak asing lagi sama yang satu ini, dia adalah pak jaya. tapi siapa sih pak jaya ??? Karakter Anti Troll yang sudah sangat terkenal di MCI sudah banyak yang mengenalnya tapi jarang yang mengetahui bahwa pak jaya adalah seorang penjual bakso. 
Memang cukup mengagetkan mengatahui siapa sosok asli dari Pak Jaya ini. Yang membuat orang tertarik untuk membuatnya menjadi karakter Meme adalah kepolosanya wajahya dan tatapan matanya ketika tertawa, yang seakan akan ia seperti mengerjai sesuatu yang lucu dan kadang juga seperti mempergoki sesuatu, pokoknya wajahnya itu sangat khas dan menarik.


4. Yao Ming
yaoming face
Meme ‘Bitch please’ adalah cuplikan ekspresi dari pemain basket yang bernama Yao Ming yang sedang tertawa terbahak-bahak saat jumpa pers , pada Mei 2009. Yao Ming (lahir di ShanghaiTiongkok12 September 1980; umur 34 tahun), ia adalah pemain bola basket asal Tiongkok pertama yang bermain di kompetisi NBA.[1] Sejak pertama kali masuk NBA pada tahun 2002 hingga pensiun, dia bermain di klub Houston Rockets.[2] Bersama Gheorghe MuresanManute Bol, dan Shawn Bradley ia menjadi pemain basket tertinggi di kompetisi NBA dengan tinggi tubuh mencapai 229 cm.







5. BLB ( BAD LUCK BRIAN )

BLB
Gambar di samping ini adalah 1 dari banyak kata-kata dari Brian. Brian adalah karakter meme yang mengarah kepada kesialan dia dalam melakukan sesuatu hal yang tragis dan memalukan. foto yang menampilkan seorang anak remaja berambut pirang , memakai kawat gigi serta pakai sweater.











Demikianlah Asal -Usul Meme Indonesia sebenarnya masih banyak yang lain tapi saya hanya post sampai 5 saja karna kebanyakan Baca Juga :Cara mengubah tampilan template di blog dan bagi anda yang ingin melihat artikel saya yang lain bisa lihat di
Daftar Isi. Ingin melihat pengetahuan yang lain, tetap ikuti artikel artikel terbaru

3 komentar:

  1. Ow ternyata ada asal usulnya baru tau ane wkwk selama ini cuman jadi silent reader MRCI aja :D

    ReplyDelete
  2. Jadi gini asal usulnya baru tau nih

    ReplyDelete

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih