Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua

Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua
Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua - Bumi merupakan satu-satunya planet yang ditempati makhluk hidup. Bumi terdiri atas dua bagian utama, yaitu daratan dan lautan. Selain itu, bumi juga terbagi atas belahan bumi utara dan selatan serta belahan bumi barat dan timur.

Perbedaan letak lintang berpengaruh pada keadaan alamnya. Setiap benua memiliki karakteristik alam yang berbeda-beda. Hal itu berpengaruh pada karakteristik penduduknya. Karakteristik bentang alam dan penduduk tiap-tiap benua dapat Anda pelajari dari penjelasan berikut.

Baca Juga:

A. Benua Asia


1) Bentang Alam
Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luas Benua Asia sekitar 43.998.920 km2.
Luas ini hampir sama dengan 4 1/2 kali luas Benua Eropa atau 22 kali luas Indonesia. Negara yang paling luas di Asia adalah Cina (9.596.961 km2) dan yang terkecil Singapura (683 km2).
Benua Asia memiliki iklim yang sangat beragam. Iklim yang beragam tersebut disebabkan oleh wilayah Asia yang sangat luas, topografinya beraneka ragam, dan akibat pengaruh letak daratan terhadap samudra.

Benua Asia memiliki relief yang beragam dari dataran rendah di tepi pantai hingga daerah pegunungan yang tertutup salju. Dataran rendah terdapat di sekitar aliran sungai di Cina (Sungai Ob, Yen Sei, Huang Ho, dan Yangtse), India (Sungai Indus dan Gangga), Semenanjung malaya, serta Indonesia. Dataran tinggi terdapat di semenanjung Arab, India, dan Dataran Tinggi Tibet. Daerah pegunungan terdapat di Indonesia, Jepang, Taiwan, dan Filipina. Pegunungan yang terkenal adalah pegunungan Himalaya. Pegunungan ini merupakan pegunungan terbesar di Dunia. Gunung tertinggi adalah Gunung Everest.

Deretan Pegunungan yang melewati Asia adalah Sirkum Mediteran dan Sirkum Pasifik. Sirkum Mediteran dimulai dari Pegunungan Turki, Iran, Afganistan, Kashmir, India, dan Myanmar. Jalur.ini juga melewati Indonesia melalui Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, dan Kepulauan Jepang, Taiwan, Filipina, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua. Sebagian besar gunung yang terdapat pada jalur ini merupakan gunung berapi yang masih aktif sehingga wilayahnya sangat rawan terhadap letusan gunung dan gempa bumi.

Di Asia terdapat beberapa telukbesar, di antaranya Teluk Benggala, Oman, Aden, dan Siam. Selain itu, di Asia juga terdapat gurun pasir yang sangat luas, yaitu Gurun Gobi yang terdapat di Mongolia. Gurun Pasir lainnya adalah Gurun Thar di India dan Pakistan Tamaklan di Cina, dan Guru Rub'ai Kali yang terdapat di sebagian besar Asia Barat.

2) Penduduk
Benua Asia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Penduduk terbesar di dunia terdapat di Benua Asia, yaitu negara Cina. Penduduk Asia terdiri atas berbagai suku bangsa. Suku bangsa yang ada di Asia sebagai berikut.
a) Bangsa Mongoloid terdiri atas negara Cina, Jepang, Mongolia, Korea, Tibet, Manchuria, Kirgis, Myanmar, Thailand, dan Indo-Cina.
b) Bangsa Melayu meliputi negara Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam.
c) Bangsa Dravida meliputi negara Sri Lanka, India, Bangladesh, dan Pakistan.
d) Bangsa Kaukasoid meliputi ngara Arab, Iran, Yahudi, dan Armenia.


B. Benua Afrika


1) Bentang Alam
Benua Afrika adalah benua terbesar ketiga yang ada di belahan selatan bumi. Luasnya sekitar 30.244.050 km2. Luas ini meliputi kira-kira seperlima dari permukaan bumi. Benua Afrika dengan Eropa dipisahkan oleh Selat Gibraltar, Laut Tengah, dan Laut Merah. Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui  Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km.

Benua Afrika dilalui oleh beberapa sungai besar. Sungai yang melewati Afrika antara lain Sungai Nil dengan panjang 6.400 km. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang melewati negara Sudan dan Mesir. Selain itu, Afrikajuga dilewati Sungai Zambesi, Kongo, Niger, dan Orange. Danau yang terdapat di Afrika antara lain Danau Victoria, Tanganyika, Chad, dan Nasser.

Daratan Afrika sangat luas meliputi hampir seperlima dari luas daratan bumi. Daerahnya antara lain berupa gunung dan pegunungan. Pegunungan lipatan terdapat di ujung utara Benua Afrika, yaitu pegunungan Atlas. Gunung-gunung yang ada di Afrika antara lain Gunung Kilimanjaro (5.890 m) di Tanzania, Gunung Kamerun (4.070 m) di Kamerun, Gunung Margherita (5.109 m) di Kongo, Gunung Kinyeti (3.187 m) di Sudan, Gunung RasDashen (4.629 m) di Ethiopia, dan Gunung Emi Koussi (3.415 m) di negara Chad.

2) Penduduk
Jumlah penduduk yang mendiami Afrika diperkirakan lebih dari 800 juta. Jumlah ini menempatkannya pada posisi kedua dalam jumlah penduduk setelah Asia, Penduduk Afrika identik dengan bangsa negro berkulit hitam.
a) Ras Negroid
Penduduk asli Afrika adalah orang Negro. Jumlahnya sekitar 63% dari penduduk Afrika. Ciri-ciri orang Negro adalah berkulit hitam dan rambut keriting. Orang Negro dibedakan menjadi dua, yaitu Negro Sudan dan Negro Bantu.

b) Ras Kaukasoid-Hamit
Kelompok ini termasuk bangsa kulit putih. Mereka dibagi lagi menjadi bangsa Hami, Semit, dan Eropa. Bangsa Hamit terdiri atas bangsa Berber (tinggal di sekitar pegunungan Atlas), bangsa Mesir (tinggal di Mesir), bangsa Taureg (tinggal di Sahara Barat), dan bangsa Fulba (tinggal di Sudan). Bangsa Semit dibedakan menjadi dua, yaitu bangsa Arab atau Moer (tinggal di pantai utara dan timur Afrika) dan bangsa Yahudi (tinggal di kota-kota Afrika Utara). Bangsa Eropa terdiri atas bangsa Jerman, Inggris, Belanda, Italia, Spanyol, dan Belgia.

c) Orang Kerdil (Etnis Khusus)
Orang Kerdil terbagi lagi menjadi beberapa kelompok, yaitu Bushmen di sekitar Gurun Kalahari, Hottento di Afrika Barat Daya dan Pigmi yang tinggal di pedalaman Kongo. Penduduk Afrika menganut agama yang berbeda-beda. Sekitar 40% Muslim, 40% Kristen, dan 20% menganut agama asli Afrika.

Bahasa yang digunakan penduduk sangat beragam. Diperkirakan di Afrika terdapat ribuan bahasa. Kecuali beberapa negara di Afrika Timur, beberapa negara di Afrika telah mengadopsi bahasa resmi dan luar. Misalnya bahasa Inggris dan Prancis yang digunakan sebagai bahasa resmi seperti di lingkungan pemerintahan, perniagaan, pendidikan, dan media massa. Bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Arab, Portugis, Afrikans, dan Malagasy.

Penduduk Afrika masih banyak yang hidup dalam kemiskinan. Mereka kekurangan pangan sehingga kelaparan dan kematian yang menyedihkan. Hal tersebut disebabkan oleh bencana kekeringan dan perang antarsuku yang terus-menerus terjadi. Peristiwa tersebut antara lain terjadi di negara Ethiopia dan Sudan.

C. Benua Eropa


1) Bentang Alam
Benua Eropa memiliki luas sekitar 9.699.550 km2 .Bentang alam Eropa cukup bervariasi. Kenampakan alamnya memberikan panorama yang indah. Secara garis besar bentang alamnya dibedakan menjadi dataran tinggi bagian barat laut, dataran rendah bagian tengah, dan dataran tinggi bagian tengah, dan daerah Pegunungan Alpen.

Pegunungan yang ada di Eropa antara lain Pegunungan Alpen di Swiss, Pegunungan Ural di perbatasan Eropa dan Asia, Pegunungan Balkan di Bulgaria, Pegunungan Skandinavia di Swedia, dan pegunungan Pyrenea di perbatasan Spanyol dan Prancis.

Beberapa gunung yang ada di Eropa antara lain Gunung Elbruz (5.643 m) di Georgia, Gunung Etna (3.247 m) di Italia, Gunung Ollympus (2.895 m) di Yunani, Gunung Mount Blanc (4.810 m) di Prancis, dan Gunung Grossglockner di Austria.

Sungai-sungai yang ada di Eropa antara lain Sungai Volga. Sungai ini merupakan Sungai terpanjang di Eropa dengan panjang mencapai 3.685 km. Sungai ini mengalir di Rusia dan bermuara di Laut Kaspia. Sungai lainnya adalah Sungai Donou yang mengalir di Jerman, Austria, Ceko, Hongaria, Yugoslavia, Bulgaria, Rusia, dan Rumania. Sungai ini berhulu di Jerman dan bermuara di Laut Hitam. Sungai Rheine adalah sungai yang mengalir melalui perbatasan Swiss dan Prancis. Sungai ini bermata air di pegunungan Alpen, Swiss. Danau yang ada di Eropa antara lain Danau Saimaa di Finlandia, Danau Omega di Rusia, dan Danau Jenewa di perbatasan Swiss dan Prancis.

2) Penduduk
Suku bangsa Eropa antara lain sebagai berikut.
a) Bangsa Jermania, yaitu orang-orang Jerman, Belanda, Inggris, Denmark, dan Skandinavia.
b) Bangsa Slavia, yaitu orang-orang Rusia, Polandia, dan Cekoslovakia.
c) Bangsa Rumania, yaitu orang-orang Prancis, Spanyol, Portugis, dan Italia.
d) Bangsa-bangsa lain, yaitu Yahudi, Mongolia, dan Turki.

Sumber: LKS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX.
Artikel Selanjutnya: Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua (Jilid 2).

Demikianlah artikel saya tentang Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua. Besok saya akan posting lanjutan dari artikel ini. Jadi, jangan sampai kelewatan ya... Artikel menarik lainnya. Jika Anda suka dengan Artikel ini Tolong di Like dan Share. Terimakasih.

4 komentar

Artikelnya bermanfaat nih sob, menambah wawasan dan pengetahuan. Terimakasih sudah di share.

Wow informasinya cukup lengkap nih, tulisannya cukup panjang unyuk dibaca.. Tapi makasih ya udah diposting, sabgat bermanfaat bagi ane dan pembaca lainnya :)

senang rasanya jika bermanfaat bagi orang lain gan, terimakasih udah berkunjung :D

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih
EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.