6 May 2015

Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua (Jilid 2)

Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua
Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua (Jilid 2) - Kali ini saya akan melanjutkan artikel saya sebelumnya yaitu Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua (Jilid 1). Kemarin saya sudah membahas Karakteristik bentang Alam Benua Asia, Karakteristik Bentang Alam Benua Afrika, dan Karakteristik Bentang Alam Benua Eropa. Sekarang saya akan membahas kelanjutannya yaitu Karakteristik Bentang Alam Benua Amerika Utara, Karakteristik Bentang Alam Benua Amerika Selatan, Karakteristik Bentang Alam Benua Antartika, dan Karakteristik Bentang Alam Benua Australia.

Karakteristik Bentang Alam Benua Amerika Utara, Karakteristik Bentang Alam Benua Amerika Selatan, Karakteristik Bentang Alam Benua Antartika, dan Karakteristik Bentang Alam Benua Australia. Antara lain sebagai berikut.

A. Benua Amerika Utara


1) Bentang Alam
Wilayah Amerika Utara merupakan wilayah yang berupa pulau dan kepulauan. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi dan plato, misalnya Dataran Tinggi Laurentia dan Plato Yukon. Dataran Tinggi Laurentia Sangat Luas sehingga disebut Perisai Kanada yang membentang di wilayah timur laut Kanada. Wilayah tersebut kaya endapan besi, nikel, tembaga, dan logam.

Pegunungan yang terdapat di Amerika Utara antara lain Pegunungan Rocky yang membentang di bagian barat Amerika Utara. Pegunungan Rocky merupakan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik sepanjang 4.800 km dari Alaska sampai Meksiko. Di bagian timur Amerika Utara terdapat Pegunungan Appala. Di wilayah Kanada terdapat Pegunungan Mackenzie, di Amerika Serikat terdapat Pegunungan Sierra Madre dan Pegunungan Allegheny. Di Meksiko terdapat Pegunungan Sierra Madre Barat dan Sierra Madre Timur, antara Amerika Serikat dan Kanada membentang Pegunungan Appalachia.

Gunung yang terdapat di Amerika Utara adalah Gunung Mc Kinley (6.194 m) di Alaska, Gunung Pico de Orizaba (5.700 m) di Meksiko, serta Gunung Hoggin ( 3.233 m) dan Gunung Esperanza dan Sierra de Agaita. Pegunungan tersebut membentang dari timur ke barat. Di Nikaragua terdapat Pegunungan Cordillera Isabela, di Kuba terdapat Pegunungan Sierra Mestra dengan puncak tertinggi adalah Gunung Pico Turquino.

Sungai-sungai yang terdapat di Amerika Utara antara lain Sungai Mississippi yang mengalir di Amerika Serikat hingga Meksiko dan Sungai Colorado yang melintas di Amerika Serikat. Sungai-sungai lainnya adalah Sungai Arkansas, Rio Grande del Norre, dan Sungai Ohio. Di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada terdapat air terjun Niagara yang sangat terkenal.

Di Amerika Utara juga terdapat danau-danau besar, di antaranya Danau Beruang Besar (Great Bear Lake), Danau Budak Besar (Great Slave Lake), dan Danau Athabasca di Kanada. Di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat terdapat Great Lake yang terdiri atas lima danau besar, yaitu Danau Superior, Michigan, Huron, Ontario, dan Erie. Di antara Pegunungan Rocky dan Sierra Nevada terdapat Great Basin, yaitu lembah yang sangat luas. Di tempat tersebut trdapat Danau Garam Besar (Great Salt Lake) dan Lembah Mati (Dead Valley). Danau Managua dan Dana Nikaragua terdapat di Negara Nikaragua.

2) Penduduk
Penduduk Amerika Utara terdiri atas berbagai macam suku bangsa. Di Amerika Utara terdapat tiga suku utama, yaitu orang kulit putih, Mestizo, dan kluit hitam. Kelompok minoritas adalah dari suku Indian dan Asia. Penduduk Asli Amerika Utara adalah bangsa Eskimo dan Suku Indian. Bangsa Eskimo menempati Kanada bagian utara, Bangsa Indian diperkirakan berasal dari Asia sebelum Bangsa Eropa datang.

Jumlah Penduduk Indian semakin terpinggirkan oleh para pendatang. Mereka ditempatkan di suatu daerah yang disebut Indian Reservation. Di Amerika diperkirakan terdapat 562 suku Indian. Beberapa suku Indian yang sangat terkenal antara lain suku Cheyenne, Comache, dan Sioux yang hidup di Great Plains. Suku lannya adalah suku Apache, Navajo, dan Pueblo yang tinggal di daerah barat daya. Di daerah timur terdapat suku Cherokee, Iroquois, dan Huron.

B. Benua Amerika Selatan


1) Bentang Alam
Jika kamu melihat peta, terlihat di sebelah timur Amerika Selatan berupa deretan pegunungan. Pegunungan Andes membentang dari ujung utara Venezuela dan Kolombia sampai ujung selatan Argentina dan Cile. Selain itu, juga terdapat Pegunungan Guyana dan Espinhaco. Di Brasil terdapat Pegunungan Mato Grosso. Gunung tertinggi di Amerika Selatan adalah Gunung Aconcagua dengan ketinggian sekitar 6.690 m.

Di Amerika Selatan terdapat beberapa sungai besar di antaranya Sungai Amazon (6.518 km) yang melintasi negara Brasil, Kolombia, Peru, Bolivia, Ekuador, dan bermuara di Samudra Atlantik. Sungai lainnya adalah Sungai Orinoko di Venezuela, Sungai Parana di Brasil, dan Sungai Colorado di Argentina.

2) Penduduk
Di Amerika Selatan bangsa Indian menempati sepanjang Pegunungan Andes dan Brasilia. Penduduk pendatang Amerika berasal dari Afrika, Inggris, dan Prancis. Selain itu, di Amerika Selatan juga terdapat penduduk campuran. Bangsa Mulato merupakan keturunan Negro dengan kulit putih yang tinggal di Brasil dan Hindia Barat. Bangsa Mestizo merupakan percampuran antara bangsa Indian dengan kulit putih. Mereka adalah penduduk suku terbesar di negara Cile, Paraguay, Venezuela, Kolombia, dan Ekuador. Bangsa Kreol merupakan keturunan bangsa Prancis dengan Spanyol. Mereka terdapat di Guyana Prancis, Guyana, Venezuela, Suriname, Kolombia, Peru, dan Ekuador. Suriname adalah satu-satunya negara di Amerika Selatan yang mayoritas penduduknya berasal dari Asia.

C. Benua Antartika


1) Bentang Alam 
Benua Antartika merupakan benua yang ditemukan terakhir. Pada tahun 1773 Kapten James Cook yang berasal dari Inggrs merupakan orang pertama yang melewati lingkaran Antartika. Benua Antartika baru di temukan pada tahun 1820. Siapa yang menemukannya pertama kali tidak jelas, sebab ada tiga orang dari tiga negara yang mengkalimnya. Mereka adalah Fabian von Bellingshausen dari Rusia, Edward Bransfield dari Britania Raya, dan Nathaniel Palmer dari Amerika Serikat. Pada tahun 1911 Roald Amundsen dari Norwegia adalah orang pertama yang mencapai Kutub Selatan.

Roald Amundsen memulai perjalanannya pada tanggal 19 Oktober 1911 dan sampai di Kutub Selatan pada tanggal 14 Desember 1911. Antartikka terdiri dua wilayah utama, yaitu Antartika Timur (Antartika Besar) dan Antartika Kecil di sebelah barat (Antartika Lesser). Antartika barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Lebih dari 99% wilayah Antartika tertutup es yang mengandung sekitar 70% dari air tawar di dunia. Es yang tebal menutupi daerah-daerah tinggi di Antartika dengan ketinggian sekitar 2.300 m. Titik tertinggi adalah Vinson Massif (4.897 m) dan titik terendah adalah Palung Bently Subglacial (2.538 m di bawah permukaan laut) yang terletak di Antartika barat. Palung ini tertutup oleh lapisan es ketebalan lebih dari 3.000 m.

Antartika memiliki kandungan sumber daya alam cukup melimpah. Bahan tambang yang terdapat di Antartika antara lain emas, perak, besi, kromium, minyak bumi, gas alam, uranium, titanium, dan batu bara. Walaupun di Antartika terdapat banyak bahan tambang, saat ini upaya penambangan belum dilakukan. Kondisi alam di Antartika tidak memungkinkan untuk melakukan penambangan

2) Penduduk
Di Antartika tidak ada penduduk yang tinggal menetap di sana. Hal itu disebabkan kondisi alam yang tidak memungkinkan. Walaupun demikian, Antartika sering dikunjungi orang terutama para peneliti. Walaupun tidak ada pemukiman tetap, tiga puluh negara yang menandatangani traktat Antartika stasiun riset yang umunya selalu di gunakan untuk penelitian

Banyak yang menganggap bahwa manusia pertama di lahirkan di Antartika adalah Solveig Gunbjorg Jacobsen, tetapnya di Grytviken, Pulau Georgia selatan pada tanggal 8 Oktober 1913. Akan tetapi, karena pulau ini tidak danggap sebagai bagian dari Benua Antartika, Emilio Marcos Palma (lahir 7 Januari 1978) sampai sekarang adalah orang yang lahir di Benua Antartika. Ia adalah seorang warga negara Argentina yang lahir di stasion Esperanza.

D. Benua Australia


1) Bentang Alam
Benua Australia merupakan benua terkecil. Wilayah ini dikelilingi oleh Samudra Hindia di sebelah selatan dan barat serta Samudra Pasifik di sebelah timur. Australia berbatasan dengan wilayah Indonesia dipisahkan oleh Laut Timor.

Bentang Alam Australia sebagian besar berupa dataran dengan beberapa gunung dan pegunungan yang tidak terlalu tinggi. Beberapa gunung yang ada di Australia antara lain Gunung Brockman (1.114 m), Gunung Bruce (1.235 m), Gunung Ziel (1.510 m), Gunung Kosciusko (2.230 m), dan Gunung Round (1.615 m). Pegunungan di Australia antara lain Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing) yang membujur di Australia bagian timur, Pegunungan Hamersley di Australia Barat, dan Pegunungan Mc Donald di Australia Utara. Di Australia juga terdapat beberapa gurun besar, di antaranya Gurun Gibson di Australia Barat, Gurun Victoria yang membentang dari Australia Barat hingga Australia Selatan, Gurun Tanami di Australia Utara, dan Gurun Pasir Besar di Australia Barat.

Sungai-Sungai yang ada di Australia antara lain Sungai Dawson di Queensland, Sungai Darling di New South Wales, Sungai Fritzroy di Australia Barat, dan Sungai Victoria di Australia Utara, Selain sungai, di Australia juga terdapat beberapa danau yang cukup besar. Danau-danau yang ada di Australia antara lain Danau Eyre, Gairdner, dan Torrons do Australia Selatan, Danau Cargenic dan Danau Barlec di Australia Barat, serta Danau Mackay di perbatasan Australia Barat dan Australia Utara.

2) Penduduk 
Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin. Ciri-ciri penduduk Aborigin adalah berkulit hitam, rambut keriting, bibir tebal, dan kelopak mata lurus. Di perkirakan suku Aborigin telah menetap di Australia sejak 60.000 tahun lalu. Jumlah penduduk Aborigin sangat kecil jika dibandingkan para pendatang.

Pada tahun 1770 Kapten Cook menyatakan hak Kerajaan Inggris atas Benua Australia. Para pendatang pertama Inggris tiba pada tanggal 26 Januari 1788. Mereka umumnya adalah para tahanan yang di hukum atas kejahatan yang mereka lakukan, pelaut, dan tentara. Orang-orang berdatangan di seluruh pelosok dunia ke Australia sampai tahun 1861 dan jumlah penduduknya mencapai 1.200.000 orang. Mereka berdatangan untuk mencari emas yang pertama kali ditemukan pada tahun 1851. Para pendatang tersebut berasal dari Cina.

Baca Juga:
 Sumber: LKS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX.
Demikianlah artikel saya tentang Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua (Jilid 2). Jika Anda suka dengan artikel ini, Tolong di Like dan Share. Terimakasih.

2 komentar:

  1. hehehe sangat bermanfaat
    lumayan lah untuk tugas bahasa indonesia
    makasih gan

    ReplyDelete

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih