28 Apr 2015

Fasilitas-Fasilitas dalam Internet

FASILITAS-FASILITAS INTERNET
Fasilitas-Fasilitas dalam Internet - Hay sahabat Azbunz, sebelumnya saya telah membahas tentang Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools. Kali ini saya akan membahas tentang Fasilitas-Fasilitas dalam Internet. Fasilitas Internet yang terdapat didalam Internet sangatlah banyak. Selain membantu dalam pencarian berbagai informasi melalui search engine (mesin pencari), juga dapat mengirim surat (e-mail), chatting (ngobrol di Internet), mailing list, news group, telnet, FTP (File transfer protocol), hingga belanja di Internet lewat e- commerce dan e-business. Semua pelayanan di Internet itu akan kita bahas satu per satu.

1. E-mail (Elektronil Mail) digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain melalui surat elektronik. Kita dapat mengirim atau menerima e-mail dari seluruh orang di penjuru dunia. BACA JUGACara Membuat E-mail.

2. Kelompok Diskusi (Mailing List) yaitu fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas E-mail.

3. FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk pengambilan data atau arsip dan file secara elektronik. Di Internet telah tersedia fasilitas File (data) atau dokumen yang siap untuk diakses secara gratis.

4. Chatting adalah salah satu fasilitas untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang aktif (On-line). BACA JUGAPengertian dan Situs Penyedia Chatting.

5. Newsgroup adalah fasilitas untuk berkomunikasi jarak jauh, dimana kita dapat memberikan pendapat dan tanggapan melalui Internet.

6. Word Wide Web (www) disingkat WEB merupakan fasilitas yang berisi database yang terdistribusi. Kita dapat mengakses informasi-informasi melalui situs web berupa teks, gambar, suara, film, maupun multimedia. Contohnya seperti Disini.

7. Telnet (Remote Login) adalah aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh. Pada umunya selain untuk bekerja jarak jauh, telnet banyak dipakai untuk masuk ke katalog yang terpasang (online catalog) dan perpustakaan-perpustakaan di seluruh dunia yang sudah terhubung oleh Internet.

8. Gopher adalah salah satu sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di komputer lain. Perbedaan gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks.

9. Chat Group merupakan forum tempat pemakai Internet dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.

10. E-commerce (Elektronik commerce) suatu cara berbelanja atau berdagang secara on-line atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet di mana terdapat website yang menyediakan layanan "get and deliver"

11. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) fasilitas ini merupakan basis dari WWW (Word Wide Web), melalui fasilitas ini kita bisa mengakses informasi dan suatu situs web yang ditulis dengan bahasa HTML (Hyper Text Markup Language). Informasi ini dapat berupa teks, gambar, sound (suara), animasi, film dan sebagainya.

Sekian postingan saya tentang Fasilitas-Fasilitas dalam Internet. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Jika sobat suka dengan artikel ini tolong Like dan Share. Terimakasih!

14 komentar:

  1. waah sangat bermanfaat gan..
    jd nmbh wawasan nih..

    ReplyDelete
  2. banyak tuh fasilitas dalam internet,,, cuman satu yg mungkin gak ada gan,,, fasiltas internet gratis :v

    ReplyDelete
  3. Wah, banyak sekali ya fasilitas yg disediakan
    Tapi saya belum pernah pake dan lihat fasilitas Gopher. Itu contohnya seperti apa gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan telnet untuk koneksi dengan server tertentu

      Delete
  4. Internet makin hari makin canggih dah, dari sejak pertama kali mengenal teknologi e-mail, hingga sekarang ngerasain yang namanya bisnis online tanpa modal dari internet, tapi yang ane khawatirkan yakni udah banyak tersebarnya situs-situs negatif yang mengandung unsur pornografi yang banyak tersebar dimana-mana.. #DisituKadangSayaSedih :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, situs-situs negatif merusak keuntungan Internet

      Delete
  5. tambah lagi postingannya gan ^_^ makasih infonya :D

    ReplyDelete
  6. wah saya baru tau kalau inet banyak fasilitasnya

    ReplyDelete

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih