25 Feb 2015

Cara Membuat Karya Ilmiah

Hay sobat... ketemu lagi bersama saya Future404 saya akan share cara membuat karya ilmiah dengan benar.Agar sobat lebih mudah membuatnya saya akan share cara membuat Karya Ilmiah. :)

1) KATA PENGANTAR
  Contoh:
penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuni-nya penulis bisa menyelesaikan Karya Ilmiah yang berjudul Tentang Globalisasi.
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1. Orang tua
2. Teman-teman

Karya ilmiah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang Globalisasi, yang penulis sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Karya ilmiah ini di susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penulis  maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya karya ilmiah ini dapat terselesaikan.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya ilmiah ini jauh dari sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, khususnya dari guru mata pelajaran guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi penulis  untuk lebih baik di masa yang akan datang.

Semoga karya ilmiah ini memberikan informasi bagi teman-teman dan bermanfaat untuk pembacanya dan peningkatan ilmu bagi kita semua



2)
DAFTAR ISI
 
Contoh:

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..................................................................................... 2

DAFTAR ISI ................................................................................................... 3


BAB I PENDAHULUAN ................................................................................ 4

A. Latar belakang ........................................................................................ 4

B. Rumusan Masalah .................................................................................. 4

C. Tujuan .................................................................................................... 4


BAB II PEMBAHASAN.......................................................................... 5

A. Pengertian Globalisasi ........................................................................... 5

B.Proses Globalisasi ................................................................................. 5

C.Dampak Globalisasi .............................................................................. 6

D.Dampak Positif ........................................................................... 7

E.Dampak Negatif .......................................................................... 8

F. Pengaruh Globalisasi ............................................................................. 9


BAB III PENUTUP .........................................................................................
10

A. Kesimpulan .......................................................................................... 10

B. Saran..................................................................................................... 10




DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................
10

3) BAB I PENDAHULUAN
  
Contoh :


A. Latar Belakang

Manusia telah mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya, dari zaman purbakala sampai dengan zaman sekarang. Peradaban manusia telah mengalami kemajuan sampai sekarang. Perkembangan manusia pun semakin barkembang pesat. Perkembangan itu membawa perubahan – perubahan besar pada kehidupan manusia. Misalnya, pada pakaian, teknologi, makanan, dsb. Sebagai contoh misalnya Indonesia. Indonesia pada saat ini, sudah mulai mengikuti perkembangan dunia. Hal ini dapat disebut bahwa Indonesia mengalami proses globalisai. Untuk itu, karya tulis ilmiah ini akan memberitahukan dampak – dampak dari globaliasasi dan cara- cara penanggulangan dampak negatif globalisasi.


B. Rumusan Masalah

a) Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

b) Bagaimana proses globalisasi?

c) Hal – hal apa saja yang timbul akibat proses globalisasi?

d) Pengaruh apa yang dibawa oleh globalisasi?

e) Bagaimana sikap kita agar tidak terbawa pengaruh arus negatif  globalisasi?


C. Tujuan


kita dapat mengetahui dampak yang ditimbulkan dari proses globaliasasi baik dampak positif maupun dampak negatif.Dan kita dapat mengetahui bagaimana sikap kita dalam menerima perubahan – perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia

4) BAB II PEMBAHASAN

  Contoh:


A. Pengertian Globalisasi


Kata globalisasi sebenarnya merupakan serapan dari bahasa asing yaitu bahasa Inggris globalization. Kata globalization sendiri sebenarnya berasal dari kata global yang berarti universal yang mendapat imbuhan -lization yang bisa dimaknai sebagai proses. Jadi dari asal mula katanya, globalisasi bisa diartikan sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik berupa informasi, pemikiran, gaya hidup maupun teknologi secara mendunia.



Globalisasi diartikan sebagai suatu proses dimana bata-batas suatu negara menjadi semakin sempit karena kemudahan interaksi antara negara baik berupa pertukaran informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup dan bentuk-bentuk interaksi yang lain.



Globalisasi juga bisa dimaknai sebagai proses dimana pengalaman kehidupan sehari-hari, ide-ide dan informasi menjadi standar di seluruh dunia. Proses tersebut diakibatkan oleh semakin canggihnya teknologi komunikasi dan transportasi serta kegiatan ekonomi yang merambah pasar dunia.



Seperti dua mata koin yang berbeda, globalisasi menawarakan keuntungan yang sangat besar dalam kemajuan perekonomian suatu negara tapi disisi lain ada juga damapak negatif yang ditimbulkan seperti lunturnya budaya luhur karena seruban budaya baru dari luar.



B. Proses Globalisasi

Pada penghujung abad ke-20, umat manusia dihadapkan pada gejala baru, yaitu globalisasi. Globalisasi merupakan proses yang panjang dalam sejarah dan telah mengalami enam tahapan sebagai berikut :

a.      Tahap Embrional (tahun 1500-1800)

Pada bulan September 1522, Sevilla telah berada di Spanyol, setelah melakukan pelayaran yang mengelilingi bumi untuk pertama kalinya. Ia memberikan bukti secara eksklisif bahwa bumi ini bulat dengan rute-rute lautan untuk mempermudah pelayaran keliling.

b.      Tahap Pertumbuhan (1810-1870)

Setelah tahun 1700-an, Eropa Barat telah keuntungan yang tidak merata dan kaum pedeaan yang miskin memperoleh hasil yang sangat kecil.

c.       Tahap Take Off (1870-1920)

Selama tahun 1870-an, beberapa kawasan dunia boleh dikatakan mempunyai kedudukan yang sebanding dalam gambaran ekonomi dunia. Cina, India, dan Ottoman Empire memainkan peranan ekonomi penting bersama Eropa Timur.

d.      Tahap Perjuangan Hegemoin (1920-1960)

Dampak dari Perang Dunia I dan depresi besar setelah itu serta digabungkan dengan gelombang nasionalisme yang mulai marak di Negara-negara dunia ketiga, mulai menggerogoti Eropa. Akibatnya, kepemimpinan ekonomi global beralih ke tangan Amerika Serikat yang mulai mendominasi ekonomi global setelah Perang Dunia ke II.

e.       Tahap Ketidakpastian (1960-1990)

Pada masa sejak periode Perang Dunia ke II berakhir hingga tahun 1970-an, ekonomi dunia didominasi oleh Amerika Serikat.

f.        Tahap Kebudayaan Global (setelah 1990)

Globalisasi merupakan proses kehidupan yang serba luas dan tidak terbatas (mendunia) sehingga pengaruhnya dapat mengubah tatanan kehidupan bangsa seperti di bidang politik, ekonomi, social, dan budaya.



Jadi, proses globalisasi ekonomi merupakan perubahan perekonomian dunia yang bersifat mendasar atau struktural yang berlangsung terus mengikuti perubahan teknologi dan peningkatan perubahan pola kebutuhan masyarakat dunia yang semakin cepat.



C. Dampak Globalisasi

Pada satu sisi globalisasi telah menciptakan beberapa peluang yang dapat menguntungkan kehidupan manusia, yaitu suasana kehidupan manusia menjadi makin mudah, nyaman, praktis, berkualitas serta bekerja makin cepat dan efisien. Pada sisi lain, globalisasi dapat menimbulkan tantangan bagi seseorang. Orang secara individu atau masyarakat dan lembaga menjadi sulit, makin menderita, makin terpinggir, dan makin mempunyai masalah yang kompleks.

Menurut Burhanuddin Darus dalam buku “Ilmu Sosial Dasar” karya Abu Ahmadi (1991), konfigurasi (wujud) globalisasi meliputi beberapa bidang diantaranya teknologi, hokum, ekonomi politik, ilmu pengetahuan dan teknologi budaya, agama.  Adapun dampak globalisasi yaitu:

1.      Dampak Globalisasi di Bidang Hukum

Globalisasi telah menghilangkan batas-batas dan ada lagi Negara yang mengklaim bahwa ia menganut suatu system hokum secara absolute. Telah terjadi proses saling mempengaruhi antar system hukum. Kecenderungan perubahan dibidang hukum yang dipengaruhi oleh globalisasi adalah diratifikasinya beberapa perangkat konvensi hokum internasional menjadi hokum nasional Indonesia. Hal ini membawa konsekensi membuka pintu terhadap pengawasan internasional dan menginternasionalkan masalah nasional (dalam negeri).



2.      Dampak Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Globalisasi memberikan peluang terjadinya migrasi secara besar-besaran dengan blok budaya berbeda. Beragam budaya, etnis, ras, warna kulit membawa perubahan masing-masing sehinga muncul multiculturalisme.  Efek globalisasi terhadap budaya nampak antara lain pada budaya konsumsi. Coca Cola dan McDonal’s atau makanan siap saji lainnya yang diiklankan melalui televisi diberbagai belahan dunia dikonsumsi dan dinikmati oleh penduduk di berbagai belahan dunia. Hal ini mempengaruhi budaya konsumsi di kalangan masyarakat di berbagai penjuru dunia.



3.      Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi

Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, arang dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negar akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasioal akan semakin erat. Munculnya globalisasi ekonomi ditandai dengan semakin menipisnya batas-batas geografi dari kegiatan ekonomi atau pasar secara nasional dan regional.



4.      Dampak Globalisasi di Bidang Politik

Globalisasi mempengaruhi aplikasi kekuasaan, hubungan internasional, kedaulatan Negara, dan organisasi internasional. Termasuk di dalamnya adalah pembatasan antar Negara tetangga atau bentuk perjanjian-perjanjian/ traktat internasional.



5.      Dampak Globalisasi di Bidang Agama dan Kepercayaan

Proses globalisasi yang imanen dan berdimensi global dapat menyentuh tradisi agama yang mempunyai kekuatan norma, nilai, dan makna yang memberikan dasar etika bagi kehidupan masyarakat. Namun demikian, akibat perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dapat pula menyebabkan tejadinya pergeseran nilai, budaya, dan agama. Pengaruh negative yang mungkin terjadi dapat membuat orang mencari alternatif spiritual lain untk pemaknaan makna hidupnya.



6.      Dampak Globalisasi di Bidang Informasi dan Komunikasi

Proses komunikasi melalui media masa, seperti radio, televisi, surat kabar, dan film yang didukung dengan teknologi canggih dapat mengatasi jarak antara penyampai pesan dan penerima pesan. Fenomena tersebuat menunjukkan bahwa teknologi komunikasi melalui media masa terutama televisi dan surat kabar di era globalisasi mampu mempengaruhi pola piker individu dan masyarakat.


D. Dampak Positif

- Keterbukaan Informasi


Globalisasi membuat akses terhadap informasi semakin terbuka lebar, masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi dari banyak media, seperti televisi, internet, sosial media, dan lain-lain. Ini membuat masyarakat semakin terbuka, cerdas dan berpikir kritis. Ini merupakan salah satu dampak positif yang ditimbulkan dari globalisasi terhadap bangsa Indonesia.

- Komunikasi Semakin Mudah dan Cepat

Dulu mungkin orang tua kita membutuhkan waktu lama (berhari-hari) untuk berkomunikasi dengan temannya yang berada dinegara lain melalui media komunikasi konvensional surat menyurat. Tetapi saat ini era tersebut sudah usang, masyarakat lebih menyukai menggunakan media komunikasi yang murah dan cepat yaitu dengan telepon, internet dan sosial media

- Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dampak positif dari globalisasi lainnya adalah semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Globalisasi memungkinkan orang-orang yang pintar Indonesia menuntut ilmu diluar negeri seperti di Amerika Serikat dan Eropa. Dan jika sudah selesai diharapkan mereka-mereka itu bisa menerapkan dan mengaplikasikan ilmunya di Indonesia.

- Perekonomian Indonesia Semakin Menggeliat

Globalisasi membuat laju perekonomian dinegeri ini semakin menggeliat. Hal tersebut bisa terlihat dari neraca perdagangan kita yang terbilang baik karena nilai ekspor dan impornya relatif seimbang. Selain itu, Indonesia juga selalu dilirik oleh dunia internasional sebagai tempat terbaik untuk berinvestasi terutama untuk sektor pertambangan, pertanian dan industri tekstil.

- Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat

Dunia yang tanpa batas saat ini memungkinkan seseorang untuk berusaha meningkatkan taraf hidupnya dan juga keluarganya. Tidak sedikit warga negara kita yang bekerja diluar negeri untuk membiayai kebutuhan keluarganya didalam negeri. Meskipun demikian, sudah seharusnya era globalisasi ini diimbangi dengan manusia yang berpendidikan dan berkarakter.

E. Dampak Negatif

- Informasi Tak Terkendali


Globalisasi tidak hanya memberikan berjuta manfaat untuk kita semua, melainkan juga terdapat dampak negatifnya, salah satunya adalah arus informasi yang tak terkendali. Tidak semua informasi itu baik untuk kita, ada juga informasi yang tidak baik dan tidak sesuai dengan kepribadiaan kita. Oleh karena itu, era globalisasi ini harus diimbangi dengan Spiritual Quotient.

- Westernisasi (kebarat-baratan)

Dampak negatif globalisasi yang juga dirasakan oleh bangsa Indonesia saat ini adalah menjamurnya budaya barat. Jika hal itu baik maka boleh kita tiru, jika sebaliknya maka buanglah jauh-jauh. Kenyataannya saat ini banyak sekali budaya barat yang hype di Indonesia tetapi sebaliknya jarang sekali orang-orang yang mau melestarikan budaya asli Indonesia itu sendiri.

- Sikap Individualiasme

Saat ini, kita memerlukan bantuan alat atau perangkat untuk mempermudah aktifitas kita dan kita merasa tak perlu lagi bantuan manusia. Hal ini yang menyebabkan manusia semakin individualistik, padahal hakikat manusia sebenarnya adalah mahluk sosial. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan menyebabkan orang-orang cenderung individualistis.

- Kesenjangan sosial semakin besar

Sudah menjadi rahasia bersama jika gap antara orang miskin dan orang kaya dinegeri ini sangat besar sekali. Satu sisi globalisasi membuka peluang untuk orang-orang yang berpendidikan, sedangkan disatu sisi lagi globalisasi membuat orang-orang kecil semakin sulit bertahan hidup. Ini yang menyebabkan kesenjangan sosial di Indonesia semakin lebar setiap tahunnya.

- Pola Hidup Konsumtif

Dampak negatif dari globalisasi lainnya adalah meningkatnya konsumerisme dikalangan masyarakat Indonesia. Sifat Konsumtif dibentuk oleh kita yang cenderung berbelanja produk-produk yang kita inginkan bukan yang kita perlukan. Kemudahan akses dalam berbelanja dan menbanjirnya produk-produk branded menyebabkan pola hidup konsumtif semakin merajalela.

Nah itulah pembahasan mengenai dampak positif dan negatif globalisasi yang masuk ke tanah air. Sebagai warga negara yang baik dan mencintai negeri ini sudah seharusnya untuk kita mengoptimalkan manfaat dari globalisasi dan meminimalisir atau membuang jauh-jauh dampak negatifnya. Tentunya kita semua berharap dengan globalisasi ini kita menjadi bangsa yang besar dimana masyarakatnya menjadi makmur dan sejahtera.


F. Pengaruh Globalisasi

Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.


Dampak positif globalisasi antara lain:
- Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
- Mudah melakukan komunikasi
- Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
- Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran
- Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
- Mudah memenuhi kebutuhan

Dampak negatif globalisasi antara lain:
- Informasi yang tidak tersaring.
- Membuat tidak kreatif, karna prilaku konsumtif.
- Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit.
- Banyak meniru perilaku yang buruk.
- Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara.

         Jadi adanya kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Dampak-dampak pengaruh globalisasi tersebut kita kembalikan kepada diri kita sendiri sebagai generasi muda Indonesia agar tetap menjaga etika dan budaya, agar kita tidak terkena dampak negatif dari globalisasi.


5) BAB III PENUTUP

     Contoh:



A. Kesimpulan

Globalisasi adalah proses menyatunya warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi kelompok masyarakat.Globalisasi dapat berdampak positif,dapat pula berdampak negatif.

Dampak positifnya seperti : kemajuan IPTEK,baik di bidang transportasi,kesehatan,maupun komunikasi,dll.
Dampak negatifnya seperti : Gaya hidup yang modern menyebabkan menurunnya ikatan rohani manusia terhadap tuhan,akibatnya banyak manusia yang menggunakan cara-cara negatif untuk mendapatkan sesuatu seperti : mencuri,menipu,merampok,dll.

Dari kedua dampak inilah maka seorang individu harus pandai-pandai bersikap selektif terhadap dampak-dampak globalisasi.
B. Saran

Menurut saya, masih banyak hal-hal di Indonesia yang perlu diperbaiki demi menyambut era globalisasi. Bidang-bidang dasar seperti politik, ekonomi, sosial & budaya, serta hukum harus banyak mengalami perubahan mengarah kepada yang lebih baik.

Globalisasi tidak bisa kita hindari, tetapi kita perlu untuk tetap menanamkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 demi terciptanya Indonesia yang lebih maju namun tetap mempertahankan ciri ke-Indonesia-an-nya. Saya yakin meskipun secanggih-canggihnya perubahan zaman nanti, apabila kita tetap berpegang teguh terhadap kedua pedoman tersebut, maka kehidupan negara ini akan menjadi semakin baik kedepannya, amin

6) DAFTAR PUSTAKA

     Contoh:


http://www.zonasiswa.com/2014/05/pengertian-globalisasi-lengkap.html

http://gisavhid.blogspot.com/2012/09/globalisasi.html

http://www.invonesia.com/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-terhadap-bangsa-indonesia.html

http://deni-anggara.blogspot.com/2012/03/pengertian-dan-pengaruh-globalisasi.html

1 komentar:

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih