29 Apr 2015

Posisi Samudra di Dunia

samudra
Posisi Samudra di Dunia - Hay sahabat Azbunz, sebelumnya saya telah memposting tentang Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Lupa Password. Kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya tentang Posisi Samudra di Dunia. Samudra yang ada di Bumi ini ada lima, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Arktik, Samudra Hindia, dan Samudra Selatan. Setiap samudra saling berhubungan satu dengan lainnya. Dua samudra dapat terhubung langsung atau dibatasi oleh selat atau laut.

Posisi benua ditentukan dengan pedoman pada dua garis lintang dan dua garis bujur sebagai batasnya. Sedang posisi samudra ditentukan dengan satu titik koordinat geografis yang terdapat di tengah-tengah samudra. Berikut ini adalah Posisi Samudra di Dunia.

1) Posisi Samudra Atlantik

Samudra Atlantik membentang dari pantai barat Benua  Eropa dan Benua Afrika hingga Pantai Timur Benua Amerika. Melalui Samudra inilah bangsa-bangsa Eropa pada abad pertengahan mlakukan ekspedisi menemukan Benua Amerika.

Di bagian Utara Samudra Atlantik berbatasan dengan Laut Inggris, Laut Norwegia di Eslandia dan Laut Labrador dekat Pulau Hijau (Greenland). Di bagian Barat berbatasan dengan Laut Karabia di kawasan Karibia. Samudra Atlantik mempunyai luas 82.439.700 km2 atau kurang lebih separuhnya luas Samudra Pasifik. Kedalaman rata-ratanya 3.350 m dengan titik terdalam 8.385 m. Posisi Samudra Atlantik pentingbagi lalu lintas perairan dari pelabuhan-pelabuhan besar negara-negara Eropa menuju ke Benua Amerika (terutama pantai Timur Amerika dan Kanada), ke negara-negara Afrika di pantai baratnya, dan menuju negara-negara Asia setelah melewati Tanjung Harapan di Afrika Selatan atau Terusan Suez di Mesir.

2) Posisi Samudra Arktik

Samudra Arktik terletak di sebelah utara Benua Amerika Utara, Benua Asia dan Benua Eropa.Merupakan Samudra tersempit dengan luas 14.089.600 km2, Kedalamannya rata-rata 5.441 m. Batas dariarah Barat ke Timur berturut-turut Laut Greenland, Laut Norwegia, Laut Barents, Laut Kara, Laut Siberia Timur, Laut Chukchu dan Laut Beaufort (sebelah Utara Negara bagian Alaska Amerika Serikat). Samudra Arktik suhu permukaannya relatif lebih rendah dibanding samudra-samudra yang lain, bahkan di bagian Utara terdapat bongkah-bongkah es abadi.

3) Posisi Samudra Hindia

Samudra Hindia mempunyai luas 73.426.500 km2, dengan kedalaman rata-rata 3.811 m, sedangkan titik terdalamnya 7.449 m. Samudra Hindia dikelilingi oleh Benua Asia disebelah Utara, Benua Australia di sebelah Timur, wilayah Kutub dikelilingi oleh Benua Asia disebelah Utara, Benua Aaustralia di sebelah Utara Samudra Hindia berbatasan dengan Laut Andaman, Laut Arab, dan Laut Merah. Samudra Hindia menghubungkan negara-negara di Asia dengan negara-negara di Afrika, selain itu juga untuk mengalirkan minyak bumi dari pengekspor terbesar di Saudi Arabia dan negara-negara teluk lainnya ke Jepang dan Kore Selatan sebagai konsumen terbesar.

Samudra Hindia berfungsi sebagai penyedia uap air yang dibawah oleh angin barat ke arah Indonesia dan turun sebagai hujan, juga dibawah oleh angin timur ke arah Benua Afrika dan mendatangkan hujan di pantai timur Afrika.

4) Posisi Samudra Pasifik

Samudra Pasifik adalah Samudra terluas dari kelima Samudra yang ada di dunia. Luas Samudra Pasifik kurang lebih adalah 165.760.00 km2, lebih luas dari seluruh negara-negara di dunia yang luasnya 134.136.100 km2. Jadi, luas Samudra Pasifik 1,24 kali luas daratan dunia.

Samudra Pasifik membentang dari pantai Barat Benua Amerika Utara dan Amerika Latin hingga pantai Timur Benua Asia (kepulauan Jepang, Pilipina, Maluku dan Papua) dan pantai Timur Benua Australia.

Samudra Pasifik mempunyai rata-rata kedalaman 4.282 m. Bagian-bagian yang terdalam dari dasar Samudra berupa ceruk membentuk huruf V memanjang disebut palung. Hampir semua palung terdalam terletak di Samudra Pasifik, mulai dari palung Izu pada posisi 30o LU dan 142o BT, dalamnya 11.232 m, sampai palung Jepang pada posisi 38o LU dan 144o BT, dalamnya 8.887 m. Palung lainnya adalah palung Mariana, Tonga, Kermadec, Kurdil, Philipina, Yapan, New Britain dan palung Bonin

Samudra Pasifik berbatasan dengan Laut Bering dan Laut Okhots di bagian Utara, Laut Cina Timur, Laut Philipina, Laut Sulawesi di bagian barat dan Laut Koral dan Laut Tasmaniadi bagian selatan.

Gugusan kepulauan-kepulauan Plynesia, Mikronesia dan Melanesia (kawasanini disebut Ocenia) terdiri dari ribuan pulau relatif kecil-kecil. Beberapa negara berdaulat seperti Vanuatu, Fiji, Kiribati, Samoa, Solomon, Nauru dan Tonga berada di kawasan Ocenia.

Posisi Samudra Pasifik menjadi sangat penting bagi sektor ekonomi dan politik internasional. Kawasan-kawasan yang berbatasan dengan Samudra Pasifik merupakan negara-negara yang pertumbuhan ekonominya tergolong tinggi dan cepat perkembangannnya. Oleh karena itu mereka membentuk forum kerjasama ekonomi negara-negara Pasifik yang disebut APEC (Association Pasific Economical Countries) yang beranggotakan Amerika Serikat, Meksiko, Venezuela, Argentina, Australia, Papua Nugini, Philipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Cina, Jepang dan Korea Selatan.

5) Posisi Samudra Selatan/Samudra Antartika

Samudra Selatan disebut juga dengan Samudra Antartika. Samudra ini merupakan samudra keempat terluas di dunia dibandingakan samudra lainnya. Luas Samudra Selatan sekitar 20.327.00 km2. Kedalamannya rata-ratanya 4.500-5000 m. Titik terdalam adalah palung Sandwich Selatan dengan kedalaman sekita 7.235 m. Dangkalan Benua Antartika umumnya sempit dan lebih dalam, yaitu sekitar 400-800 m dibandingkan kedalaman rata-rata benua lainnya, yaitu sekitar 133 m. Samudra Selatan sangat berbeda dengan samudra lainnya terutama berhubungan dengan batas wilayahnya. Samudra Selatan terhubung dengan Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik  secara langsung. Suhu air di Samudra Selatan bervariasi antara -2o C sampai 55o LS di sekitar Atlantik. Selimut es di Antartika akan membesar dari 2,6 juta km2 pada bulan Maret mencapai 18,8 juta km2 pada bulan September.

Demikianlah artikel ini tentang Posisi Samudra di Dunia. Di tunggu ya, postingan saya berikut nya yaitu tentang Karakteristik Samudra di Dunia. Jika sobat suka dengan artikel ini tolong di Like dan Share. Terimakasih

13 komentar:

  1. mumpung ada tugas beginian sekalian aja deh :D makasih gan infonya

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sobat, thanks udah di share.

    ReplyDelete
  3. izin sedot ke word, siapa tau ada tugas.

    ReplyDelete
  4. wah ternyata samudra pasifik paling luas, info yang bermanfaat kawan

    ReplyDelete
  5. lumayan gaes infonya buat tugas ips saya

    ReplyDelete
  6. Nice post, keren informasinya, sangat bermanfaat sob.. :)

    ReplyDelete
  7. Wah bisa buat bantu ngerjain tugas gue nih sip agn

    ReplyDelete
  8. Samudra pasifik ternyata besar ya.

    ReplyDelete
  9. Pengetahuan yang bermanfaat dan memang samudera di dunia ini luas, dan bahkan akhirat lebih jauh lebih luas mas.

    Ada saran sedikit dari saya, moga menerima, sebaiknya dilengkapi sumber referensi. Biar lebih profesional artikelnya. Sebab saya yakin yang mencarinya akan datang dari google. Sebab itu saya cuma mengingatkan pentingnya sumber.

    Makasih mas.

    ReplyDelete

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih