28 Nov 2015

Cara Gampang Membuat Sticky Widget Pada Sidebar Blog

Bagaimana cara yang paling mudah untuk membuat Sticky Widget di sidebar blog, itulah pertanyaan yang paling sering para blogger tanyakan. Tapi tahukah Anda apa itu Sticky Widget? Sticky Widget adalah Widget yang tetap tertahan/menempel/mengikuti jika blog di scroll. Fungsi memasang Sticky Widget sangatlah banyak, kita bisa membuat widget Fanpage facebook dengan Sticky Widget agar fanpage kita bisa dengan mudahnya di sukai oleh pengunjung blog kita.

Sticky Widget


Banyak pula para blogger pemula yang merasa membuat Sticky Widget itu sangat susah, padahal tidak!. Kenapa saya bilang tidak susah? Karena pada dasarnya kita hanya memasang sebuah script yang bisa kita letakkan di tata letak/layout blog kita. Jadi bagi kalian yang ingin memasang Sticky Widget, tidak perlu lagi bingung mencari tutorial yang pas dan gak bikin rumit. Kali ini saya akan berbagi Cara Mudah Membuat Sticky Widget di Sidebar Blog.

Cara Membuat Sticky Widget di Blogger


  • Masuk ke Dashboard Blogger Anda
  • Klik Tata Letak/Layout --> Klik Tambahkan Gadget --> Klik HTML/JavaScript
  • Copy kode dibawah ini dan letakkan pada HTML/JavaScript.
<style>
.sticky {
  position:fixed;
  top:50px;
  z-index: 100;
}
</style>
<script type='text/javascript'>
$(document).ready(function() {
var stickyWidgetTop = $('#HTML2').offset().top;
var stickyWidget = function(){
var scrollTop = $(window).scrollTop();
if (scrollTop > stickyWidgetTop) {
    $('#HTML2').addClass('sticky');
} else {
    $('#HTML2').removeClass('sticky');
}
};
stickyWidget();
$(window).scroll(function() {
    stickyWidget();
});
});
</script>
NB : Ganti yang saya tandai dengan warna merah dengan ID Widget Anda
  • Terakhir Simpan 

Cara mengetahui ID Widget

  • Masuk ke Dashboard Blog Anda
  • Klik Tata Letak/Layout --> Pilih Widget yang ingin Anda jadikan sticky widget
  • Widget dibawah ini yang mau saya jadikan sticky widget, jadi Anda tinggal copy yang saya beri kotak merah dan itulah ID widget Anda. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya!
contoh
Demikianlah tutorial kali ini tentang Cara Gampang Membuat Sticky Widget Pada Sidebar Blog. Jika mau lihat contoh sticky widgetnya, Anda bisa melihat di sidebar blog saya. Semoga Anda berhasil mempraktekkan tutorial diatas di blog Anda. Sekian dan Terimakasih

1 komentar:

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih