8 May 2015

Globalisasi di Indonesia

Globalisasi
Globalisasi di Indonesia - Bagi kehidupan bangsa Indonesia, masuknya pengaruh asing dalam era globalisasi ini sudah tidak dapat di bendung lagi. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus dapat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) agar mampu menyeleksi masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Selanjutnya, bangsa Indonesia harus mampu bersain dengan bangsa-bangsa di dunia dalam berbagai bidang.

Ketika pembangunan kita memasuki era globalisasi di abad XII diperkirakan kita hidup dalam suasana penuh persaingan, perdagangan bebas, dan hubungan antarbangsa semakin terbuka. Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang dan memadai. Gambaran kehidupan yang sesuai dengan fase itu, antara lain sebagai berikut:
  • Kualitas sumber daya manusia yang tinggi, antara lain tercermin dari kemampuan profesionalsmenya untuk memenuhi kebutuhan pembangunan.
  • Semakin andalnya sumber pembiayaan pembangunan yang berasal dari dalam negeri yang berarti semakin kecilnya ketergantungan pada sumber pembiayaan dari luar negeri.
  • Kemampuan untuk memenuhi sendiri kebutuhan yang paling pokok agar tidak menimbulkan berbagai kerawanan.
  • Ketahanan ekonomi yang tangguh dan memiliki daya saing tinggi.
  • Etos kerja dan disiplin masyarakat yang tinggi.
Peranan globalisasi sangat penting bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Globalisasi mampu membantu masyarakat dalam upaya mencapai kesejahteraan hidupnya. Peranan globalisasi dapat dilihat di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang politik, pemerintahan, hukum, HAM, perekonomian, perdagangan, sosial, dan budaya.
a. Bidang Politik, Pemerintahan, Hukum, dan HAM.
  1. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dengan wilayah sangat luas. Indonesia dapat dengan mudah melakukan komunikasi dan koordinasi antardaerah ataupun antara pemerintahan dengan masyarakat di berbagai daerah. Berbagai kebijakan pemerintah dapat segera sampai kepada  masyarakat dan rakyat dapat segera mengerti berbagai macam kebijakan yang akan diberlakukan. Rakyat dengan cepat dapat memberikan tanggapan terhadap berbagai kebijakan pemerintahan tersebut.
  2. Dengan adanya globalisasi, berbagai kebijakan di bidang hukum dan penegakkan HAM dapat diaksees oleh masyarakat luas maupun dunia internasional. Hal ini sekaligus merupakan alat kontrol atau pengawasan dalam penegakan hukum dan HAM. Dengan demikian akan dapat meminimalkan tindak kesewenang-wenangan dan ketidakadilan dalam penegakan hukum dan HAM.
b. Bidang Perekonomian dan Perdagangan

Globalisasi memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian nasional, di antaranya sebagai berikut:
  1. Kerjasama antarnegara dalam perniagaan melalui kegiatan ekspor dan impor barang-barang dapat semakin lancar, sehingga kebutuhan masyarakat dan negara dapat terpenuhi.
  2. Bermunculannya penemuan baru di bidang pertanian maupun inustri di berbagai negara dapat segera diterima guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.
  3. Kondisi kehidupan masyarakat di berbagai belahan dunia dapat diketahui oleh negara-negara lain, memungkinkan peristiwa kemiskinan, kelaparan, dan keterbelakangan menjadi perhatian dan penanganan dunia untuk memperoleh bantuan perbaikan kehidupan.

c. Bidang Sosal dan Budaya

Sisi positif globalisasi dalam bidang sosial budaya mempunyai peran yang penting, yaitu mempermudah hubungan kerjasama antarnegara dalam upaya mengembangkan pendidikan dan kebudayaan. Penemuan-penemuan di dunia dan teknologi akan dapat diakss untuk kemudian dapat ditrapkan sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. Begitu pula dengan berbagai karya seni budaya dari negara lain dapat dengan mudah dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

d. Bidang Pertahanan dan Keamanan
  1. Dengan adanya globalisasi, kondisi setiap daerah mudah dipantau, Bagi bangsa dengan wilayah kepulauan yang sangat luas, kondisi yang demikian ini memudahkan pengamanan wilayah, baik darat, laut, maupun udara.
  2. Dengan adanya globalisasi, berbagai hambatan, gangguan, tantangan, dan ancaman, seperti kriminalitas, pencurian, dan penyelundupan, dapat segera di pantau. Dengan demikian, pemeerintah dan masyarakat dapat dengan cepat melakukan langkah-langkah pengangulangan.
  3. Kerjasama di bidang pertahanan keamanan antarnegara dapat dengan cpat dilakukan dalam upaya bersama-sama mengamankan daerah perbatasan.
Bagi bangsa Indonesia globalisasi mempunyai arti penting, yaitu:
  • Sebagai tantangan terhadap arus globalisasi.
  • Peluang atau kesempatan dalam perdagangan.
  • Memerlukan tanggung jawab besar.
  • Adanya perubahan dalam aspek kehidupan seperti politik, ekonomi, dan budaya.
  • Terjadinya perubahan dalam pola perilaku masyarakat.
Globalisasi menjadi sesuatu yang penting bagi Indonesia karena hal-hal sebagai berikut:
  • Pemerataan teknologi.
  • Pengalihan ilmu pengetahuan.
  • Berkembangnya perdagangan antarnegara dapat menambah devisa negara Indonesia.
  • Dapat diambilnya nilai positif dari globalisasi
Sumber: LKS PKN IX

Baca Juga: Pengertian dan Penyebab Meningkatnya Globalisasi.

Demikianlah artikel saya tentang Globalisasi di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi semua. Jika sobat suka dengan artikel ini tolong Like dan Share. Terimakasih.

Tag: globalisasi di indonesia, dampak globalisasi di indonesia, globalisasi ekonomi di indonesia, sejarah globalisasi di indonesia, era globalisasi di indonesia, contoh globalisasi di indonesia, gejala modernisasi dan globalisasi di indonesia, dampak negatif globalisasi di indonesia, gejala globalisasi di indonesia, globalisasi bagi indonesia, masalah globalisasi di indonesia, makalah globalisasi di indonesia, latar belakang globalisasi di indonesia, artikel dampak globalisasi di indonesia, kasus globalisasi di indonesia.

3 komentar:

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih