26 Mar 2015

Pengertian dan Jenis Seni Lengkap

Seni Future404
future404-azbunz.blogspot.com- Pengertian dan Jenis Seni Lengkap. Hay sahabat blogger kali ini saya akan memposting Pengertian dan jenis seni terlengkap dan mudah di pahami, pengertian dan jenis seni, saya buat bersumber dari Terampil Bermusik.

A. Seni

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berkata, "Wah... itu indah sekali! Seni banget, ya! Misalnya, meliat pegunungan dengan jalan yang berliku-liku, pantai dengan airnya yang tampak berwarna biru, kebun bunga yang berwarna-warni, lukisan dari seorang pelukis terkenal, dekorasi yang indah, suara seorang penyanyi yang merdu, dan gerakan penari yang bagus. Diantara keindahan di atas, apakah semuanya disebut seni?

1. Pengertian Seni

Seni berasal dari kata sani (sanskerta) yang berarti pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Kata tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda genie dalam bahasa latin disebut genius, artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.

Seiring dengan perkembangan waktu, banyak definisi seni diungkapkan oleh beberapa ahli. Berikut beberapa definisi seni menurut para ahli.

a. Everyman Encyklopedia

Menurut Everyman Encyklopedia, seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang, bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan, ataupun kebutuhan spiritual.

b. Ensiklopedi Indonesia

Di dalam Ensiklopedi Indonesia dinyatakan bahwa seni merupakan ciptaan segala hal karena keindahannya orang senang melihat atau mendengarkannya.

c. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara berpendapat, seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan, dan bersifat indah sehingga dapat menggertakan jiwa manusia.

d. Akhdiat Karta Miharja

Akhdiat Karta Miharja berpendapat, seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatu karya, bentuk, dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani

e. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Prof Drs Suwaji Bastomi bahwa seni adalah aktifitas batin dengan pengalaman estesis yang dinyatakan dalam bentuk agung, mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan haru.

f. Drs. Sudamarji

Drs Sudamarji berpendapat, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estesis dengan menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa seni merupakan hal aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Dalam pengertian ini yang termasuk seni adalah kegiatan yang menghasilkan karya indah.
    Definisi umum seni adalah segala macam keindahan yang diciptakan oleh manusia.


2. Jenis-jenis Seni

Di lingkungan masyarakat, proses penciptaan seni dapat digolongkan menjadi lima cabang sebagai berikut.

a. Seni Rupa
Seni Rupa merupakan cabang seni yang umum disebut dengan seni visual. Hal ini disebabkan seni rupa berwujud bentuk-bentuk yang divisualisasikan melalui indra penglihatan (garis, bidang, warna, ruang, gelap, dan terang). 

b. Seni Musik

Istilah musik berasal dari bahasa Yunani, mousikos. Kata ini diambil dari nama salah satu dewa Yunani yang bernama mousikos. Mousikos dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan. Musik dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian.

Ungkapan yang dihasilkan melalui suara manusia disebut vokal, sedangkan ungkapan dihasilkan melalui alat musik disebut instrumental.

c. Seni Tari

Seni Tari adalah seni yang dihasilkan gerak, mimik, dan tingkah laku seseorang yang indah. Tarian diringi musik pengiring agar gerakannya menarik dan enak dipandang.

d. Seni Sastra

Kesusastraan berasa dari bahasa Sanskerta, suasastra. Su berarti baik dan sastra berarti buku. Jadi, kesusastraan berarti tulisan yang mempunyai bahasa indah dan baik.

e. Seni Drama

Drama berasal dari kata Yunani, dramas yang berarti perbuatan atau pertunjukan perikehidupan seseorang. Drama ialah seni pertunjukan yang disajikan di atas pentas.

Sekian yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian dan jenis seni secara lengkap,mudah dan dari sumber tepercaya. Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Salam Blogger

5 komentar:

  1. Done gan http://smpn1brj.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. seni yang paling saya sukai adlh seni msuk, krng mnrut sya itu indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, tapi saya gk bisa nyanyi hanya pendengar

      Delete
  3. setiap seni adalah anugerah untuk kita nikmati, sadari seni sebagai sebuah keharusan dalam hidup ini..

    ReplyDelete
  4. seni adalah ledakan :D
    hehehe.. :D
    ane sering nonton naruto pak soalnya :D

    ReplyDelete

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih